Jumat, 26 Oktober 2012

Dudutsoft - Sebuah Start-up Developer Aplikasi Android



Beberapa bulan yang lalu, Saya dan teman kuliah saya sejak S1 dan S2 ini, Heryno, bergabung dalam sebuah tim yang memiliki visi untuk membangun sebuah start-up lokal dibidang program aplikasi. Setelah melewati proses panjang mengenai apa yang akan kami buat, akhirnya kami menetapkan satu visi dimana kami akan membuat produk-produk aplikasi jenis "personalisation" dan "entertainment" dan akan dipasarkan di Playstore Android. Pada tanggal 24 Oktober 2012 akhirnya kami berhasil menelurkan karya perdana kami yaitu Dancing Cat Live Wallpaper.

Tim yang kami buat bernamakan "Dudutsoft". Mungkin terdengar lucu dan aneh di telinga orang Indonesia. Karena pada dasarnya istilah "dudut" sendiri memiliki konotasi yang tidak terlalu menyenangkan. Ada yang bilang mirip suara kentut "dut~ dut~ (O_o) =3". Hahaha... Namun kami tidak berpikir pusing tentang hal itu. Mungkin saja kan, "Dudutsoft" cukup terdengar keren di kalangan bule bule kan kita juga gak tau. :D

Berbeda dengan Start-up android lokal lainnya, start-up kami membuat produk-produk yang langsung mentargetkan pasar Internasional. Kami tidak  membuat produk-produk bertema kan lokal ataupun berbahasa Indonesia. Kami menyadari bahwa pasar Indonesia memang luas, namun mentalitas orang Indonesia untuk "BELI" aplikasi sangat-sangat rendah. Belum lagi jumlah pengguna yang "BISA BELI (punya credit card dan sudah mendaftarkannya ke google wallet)" adalah sangat-sangat sedikit. "Nggak-cuan" lah istilahnya. Maka dari itu, pada produk kami dengan sangat sengaja tidak mengangkat tema lokal dan kebudayaan Indonesia. Langsung saja kami berkata bahwa tujuan start-up ini dibuat bukan semata-mata hanya untuk "mengharumkan nama Indonesia". We are here to brings fun to mobile and to make money from it. Kami mentargetkan negara-negara yang menurut data statistik di Playstore adalah negara yang paling "mau beli". Negara-negara tersebut antara lain adalah USA, United Kingdom, Japan, Korea. Bahkan kami sempat berpikir bahwa ada baiknya kami menyamar sebagai perusahaan dari Jepang, biar lebih terlihat "valid". hahahaha...

Kami berdua belajar programming aplikasi Android dari awal. Hanya dari buku dan internet. Namun tampaknya semakin ke depan, Saya semakin tertinggal dengan Heryno (He's really a very fast learner O_O), dan akhirnya saya sendiri memutuskan untuk mengambil peran sepenuhnya menjadi Illustrator. Karena memang walaupun saya sarjana Sistem Informasi dan mahasiswa pasca sarjana Ilmu komputer, Saya juga punya skill menggambar yang cukup bersaing :D. Memang tim kami membutuhkan programmer dan illustrator.

Anyway, check out blog official Dudutsoft di:

Fan-page di Facebooknya di:

Google+ di:

Follow twitternya di:
@dudutsoft

List aplikasi Dudutsoft di Google Play Store:

Anyway, di postingan berikutnya saya akan membahas dengan lebih detail (baca: promosi) produk-produk Dudutsoft. Terima kasih :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar