Minggu, 08 Juli 2012

Kriptografi



Kriptografi (cryptographi) berasal dari Bahasa Yunani: “cryptos” artinya “secret” (rahasia), sedangkan “graphein ” artinya “writing ” (tulisan). Sehingga kriptografi berarti “secret writing ” (tulisan rahasia). Jadi kriptografi didefinisikan sebagai ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan pesan dengan cara menyandikannya kebentuk yang tidak dapat dimengerti lagi maknanya. Kata “seni ” dalam definisi tersebut berasal dari fakta sejarah bahwa pada masa -masa awal sejarah kroptografi, setiap orang mungkin mempunyai cara yang unik untuk merahasiakan pesan. Cara- cara tersebut mungkin berbeda - beda pada setiap pelaku kriptografi sehingga setiap cara menulis pesan rahasia, pesan tersebut mempunyai nilai estetika tersendiri sehingga kriptografi berkembang menjadi sebuah seni merahasiakan pesan. Definisi di atas mungkin cocok pada masa lalu dimana kriptografi digunakan untuk keamanan komunikasi penting seperti ko munikasi di kalangan militer, diplomat dan mata - mata. Namun saat ini kriptografi lebih dari sekedar privacy, tapi juga untuk tujuan data integrasi, authentication, dan non – repudiation. 


Pesan (message) adalah data atau informasi yang dapat dibaca dan dimengerti maknanya. Nama lain dari pesan adalah plainteks (plaintext) atau teks jelas (cleartext ). Agar pesan tidak dapat dimengerti maknanya oleh pihak lain, maka pesan dapat disandikan ke bentuk lain yang tidak dapat dipahami. Bentuk pesan yang tersandi disebut cipherteks (ciphertext) atau kriptogram (cryptogram ). 

Proses penyandian plainteks menjadi cipherteks disebut enkripsi (encryption) atau enciphering. Sedangkan proses mengembalikan cipherteks menjadi plainteks semula dinamakan dekripsi (decryption) atau deciphering . Enkripsi dan dekripsi dapat di terapkan baik pada pesan yang dikirim maupun pada pesan yang tersimpan. 

Kriptanalisis (Cryptanalysis) adalah seni dan ilmu untuk memecahkan cipherteks tanpa bantuan kunci. Kriptanalisis adalah pelaku atau praktisi yang mencari kelemahan dari kriptanalisis. Kriptologi merupakan gabungan dari kriptografi dan kriptanalisis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar