Sabtu, 07 Juli 2012

Aplikasi Grafis pada Sistem Operasi Android



Banyaknya pilihan aplikasi merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih sistem operasi dan perangkatnya. Sistem operasi yang didukung dengan banyak aplikasi akan menjadi sangat powerful sehingga dapat memaksimalkan sumber daya hardware yang telah disediakan untuk produktifitas penggunanya. Sebagai sebuah sistem operasi yang dibenamkan pada perangkat mobile seperti tablet dan smartphone, Developer aplikasi berlomba-lomba untuk mengembangkan berbagai aplikasi berbasis android untuk menjawab berbagai macam kebutuhan. Jumlah aplikasi di Android Market (Play Store) sudah menembus angka lebih dari 400.000 aplikasi dengan berbagai kategori dan fungsionalitasnya masing-masing. Pada tulisan ini secara khusus akan dipaparkan 9 aplikasi grafis yang mendukung perangkat berbasis Android untuk menghasilkan citra digital yang unik, kreatif dan terlihat professional mulai dari aplikasi yang diperuntukkan untuk pengguna awam sampai ke pengguna professional dibidang desain grafis dan ilustrasi.

Touch Retouch


Aplikasi Touch Retouch memberi fasilitas bagi Anda untuk menghilangkan objek yang tidak diinginkan pada sebuah foto. Aplikasi seharga $0,99 ini menerapkan suatu algoritma untuk mendublikasi (clone) pixel-pixel disekitar objek yang akan dihapus dan menumpukkannya pada objek tersebut sehingga objek tersebut hilang dari foto. Untuk melakukan proses serupa di Adobe Photoshop pada desktop, Anda setidaknya harus memahami beberapa proses masking dan cloning yang cukup rumit. Dengan aplikasi ini, pengguna awam pun dapat melakukan proses penghilangan objek pada foto dengan sangat mudah dan hasil yang maksimal. Objek yang akan dihapus sebaiknya memiliki latar kiri dan kanan yang “nyambung”. Jika tidak, hasil penghilangan objeknya akan terasa sedikit janggal. Untuk mengantisipasi hal ini, aplikasi juga menyediakan fasilitas clone stamp secara manual. Anda dapat mencoba versi gratis dari aplikasi ini dengan berbagai keterbatasan (resolusi gambar dan iklan). 

After Focus


Aplikasi After Focus menitikberatkan pada pengaturan fokus hasil jepretan, dimana Anda bisa membuat sebagian daerah buram dan sebagian lainnya tajam (fokus) yang biasanya ditemukan pada gambar yang dihasilkan dari lensa kamera DSLR. Untuk proses seleksi gambar, Anda dapat memanfaatkan fitur smart-focus di awal kemudian dilanjutkan dengan seleksi manual focus untuk lebih presisi dan rapi. Aplikasi ini masih sangat baru di android market dan hanya tersedia versi gratisnya. Pada versi gratis ini, Anda tidak dapat merasakan fitur “double photo” serta mensave hasil editan lebih dari 800 pixel.


Picsplay (Fx. Photo Editor)
Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang menekankan satu fitur unggulan, aplikasi PicsPlay – Fx. Photo Editor memiliki segudang fitur dan persets grafis yang dapat mengolah hasil jepretan menjadi lebih unik dan professional. Aplikasi seharga $3.54 ini mengusung 110 persets yang dibagi dalam 10 tema yang dapat dikenakan pada foto saling tumpuk-menumpuk (Satu foto bisa dikenai lebih dari satu persets) dengan intensitas (opacity) yang berbeda-beda. Selain itu tersedia juga fitur untuk pengaturan curve, histogram, brightess-contrast, hue-saturation secara manual dan berbagai pilihan efek vinggetting dan border. Seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, Anda juga dapat mencoba versi gratis dari aplikasi ini dengan keterbatasan resolusi gambar ketika save dan adanya banner iklan.


Wordcam
Aplikasi wordcam memungkinkan pengguna untuk membuat suatu karya seni sebuah foto yang disusun dari berbagai teks. Anda dapat mendefinisikan kata-kata apa saja yang akan di-random dalam sebuah foto, memilih font yang digunakan serta mengatur variasi hasil pengacakan teks tersebut sehingga diperoleh hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Aplikasi ini tidak menyediakan versi gratis. Anda dapat membeli aplikasi ini seharga $1,99 di Play Store.

KD Collage
Tahapan terakhir yang dapat dilakukan setelah melakukan berbagai proses editing foto adalah menyusunnya bersama-sama menjadi sebuah kolase. KD Collage Pro merupakan aplikasi yang mendukung hal tersebut dan menyediakan berbagai pilihan model kolase yang variatif. Selain model kolase, Aplikasi ini juga memiliki berbagai pilihan background kolase, pattern kolase, fitur untuk menambahkan teks dan variasi model teks yang beragam. Aplikasi ini dijual dengan harga $1,49 di Play Store dan juga tersedia versi gratisnya dengan berbagai keterbatasan.


Sketch n Draw

Aplikasi Sktech n Draw merupakan aplikasi yang digunakan untuk menggambar. Aplikasi ini menyediakan 15 macam brush yang unik dan dapat menghasilkan efek-efek arsiran dengan berbagai gaya secara instan. Aplikasi ini mudah digunakan namun sukar untuk dikuasai. Keterbatasan sensor sentuhan pada tablet maupun smartphone (selain Samsung Galaxy Note) yang hanya mendukung 2 level tekanan (0 dan 1) menyebabkan kesulitan bagi sketcher untuk menghasilkan gradasai dan arsiran pada tablet. Namun aplikasi ini memfasilitasinya dengan deteksi kecepatan goresan jari. Semakin cepat jari menggores layar, maka akan semakin tipis garis yang dihasilkan. Dengan berbagai penyesuaian dan pembiasaan, Anda dapat menghasilkan sketsa yang cukup baik menggunakan aplikasi ini.


Autodesk Sketchbook Pro
Sketchbook pro merupakan aplikasi sketchbook yang dikembangkan oleh Autodesk dan ditujukan untuk para sketcher professional. Aplikasi ini memiliki berbagai fasilitas yang diperlukan untuk melakukan digital sketching bahkan painting. Adanya fasilitas untuk kostumisasi brush, layer, warna, opacity membantu sketcher untuk menghasilkan karya digital yang baik. Apabila perangkat yang digunakan mendukung pressure sensivity (misalnya Samsung Galaxy Note), aplikasi ini juga dapat memanfaatkannya sehingga tebal-tipis bisa dibedakan dengan tekanan pena S-Pen pada layar android. Aplikasi tersedia dalam empat versi. Sketchbook mobile yang dikhususkan untuk perangkat smartphone seharga $1,99 dan versi express (gratis), Sketchbook pro yang dikhususkan untuk perangkat tablet seharga $3,99 dan versi express (gratis).


Adobe


Adobe juga merilis beberapa aplikasi yang mendukung para profesional dibidang desain grafis untuk semakin produktif dengan memanfaatkan perangkat berbasis android mereka. Pendekatan yang dilakukan Adobe cukup unik karena disamping memindahkan keseluruhan fungsi-fungsi yang bisa dilakukan aplikasi desktop Adobe ke perangkat mobile agar bisa membuat hasil akhir profesional di perangkat mobile, mereka menawarkan aplikasi-aplikasi mobile yang mengusung sebagian dari fungsi-fungsi utama yang mendukung pengolahan ide dan kreativitas secara mobile dan kemudian diolah lebih lanjut di desktop. Inspirasi selalu datang dimana saja dan mungkin kebanyakan ketika Anda tidak didepan desktop PC atau laptop namun sedang membawa dengan perangkat mobile berbasis android. Anda dapat segera mendesain berbagai hal di tablet kemudian file tersebut disimpan di Adobe Creative Cloud dan dapat dilanjutkan untuk proses yang lebih lanjut melalui aplikasi desktop Adobe. Aplikasi-aplikasi adobe tersebut masing-masing dijual seharga $9,99 di Play Store.

Turbo x Viewer


Aplikasi ini diperuntukkan bagi para arsitek yang membutuhkan untuk menampilkan file hasil desain autocad pada perangkat mobile. Aplikasi seharga $9,99 ini mensupport file DWG dan DXF 2D maupun 3D serta mampu mengatur layer-layer yang tersedia, hidden line, x-ray, shaded dengan performa yang baik dan cepat.

1 komentar:

  1. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang applikasi berbasis android
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf
    semoga membantu :)

    BalasHapus